Sejarah Lengkap Berdirinya Bank Di Indonesia

http://clariesza.blogspot.co.id/

SEJARAH BANK DI INDONESIA

Sejarah Lengkap Berdirinya Bank Di Indonesia ??

Sejarah Bank
narasumber utama: cak_faris | tanggal: 2016-02-17 03:47:59
narasumber tambahan: [doneh] [penyejukhati] [SoundOfYogi] [mita_arum]
=====================================================================================

De Bank van Leening ikut bangkrut seiring dengan bangkrutnya VOC..
in reply to:
nebak: ini yang jadi BNI 46!
from: lantip
-------------------------------------------------------------------------------------

pemerintah baru bentukan Kerajaan Belanda, Hindia Belanda mendirikan DJB sebagai penggantinya..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Jgn mainan bot, mas
in reply to:
/stoplog@sayutimelikbot
from:
-------------------------------------------------------------------------------------

Ketika itu sedang berkembang model koperasi yang dipopulerkan oleh Friedrich Wilhelm Raiffeisen, yg mana dianggap lebih pro middle class..

-------------------------------------------------------------------------------------

konsep Raiffeisen diadopsi oleh Wirjaatmadja untuk mendirikan 'bank bantuan dan simpanan milik priyayi Purwokerto'..

-------------------------------------------------------------------------------------

yg skemanya menyimpan uang milik priyayi (tabungan), dan memutar tabungan tadi kepada priyayi (tuan tanah) lain sebagai modal usaha (mbayari buruh tani, dll)..

-------------------------------------------------------------------------------------

Nah, kabarnya skema koperasi kredit ini juga berkembang di beberapa daerah lain di Jawa Barat dan Banten, namun aku belum punya datanya..

-------------------------------------------------------------------------------------

[SoundOfYogi]: nama bot nya bener2...

-------------------------------------------------------------------------------------

Yang jelas kalau njenengan2 ke Purwokerto, salah satu jejak kultural yg bisa dilihat adalah banyaknya lembaga2 kredit di pinggir-pinggir jalan, berjejer di sepanjang Jl. Jend. Soedirman sampai Pasar Wage..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Iya 😂😂😂
in reply to:
nama bot nya bener2...
from: SoundOfYogi
-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: PAke sistem bunga kah?
in reply to:
yg skemanya menyimpan uang milik priyayi (tabungan), dan memutar tabungan tadi kepada priyayi (tuan tanah) lain sebagai modal usaha (mbayari buruh tani, dll)..
from: cak_faris
-------------------------------------------------------------------------------------

loncat lagi ke era pasca kemerdekaan..

-------------------------------------------------------------------------------------

sistem yg dipakai bagi hasil, mengingat uang yg dipinjam biasanya untuk mengelola pabrik atau tanah pertanian..
in reply to:
PAke sistem bunga kah?
from: Penyejukhati
-------------------------------------------------------------------------------------

mengadopsi prinsipnya Raiffeisen :  self-help, self-governance, and self-responsibility.

-------------------------------------------------------------------------------------

iya, grameen bank sebenarnya hanya penyempurnaan metode Raiffeisen yg lebih pro-poor saja, kebetulan di Jogja ayas lagi intens sama metode grameen bank buat pemberdayaan masyarakat miskin di perkotaan..
in reply to:
hoo agak mirip dengan grameen bank ya?
from: lantip
-------------------------------------------------------------------------------------

karena konsepnya Raiffeisen memang untuk middle class..

-------------------------------------------------------------------------------------

Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan, program kerjasama Kemen-PUPERA sama IDB..
in reply to:
cindelaras?
from: lantip
-------------------------------------------------------------------------------------

Nah, lanjut pada masa kemerdekaan nggih.. :)

-------------------------------------------------------------------------------------

Pasca proklamasi, DJB masih milik Belanda, sehingga republik belum punya bank sendiri..

-------------------------------------------------------------------------------------

Ketika itu, Kusno menunjuk ketua DPAS (Dewan Pertimbangan Agung Sementara), Margono Djojohadikoesoemo untuk membentuk bank sentral..

-------------------------------------------------------------------------------------

Sehingga pada 19 September 1945, Margono mendirikan Bank Sirkulasi yg saat itu masih belum punya kantor sendiri..

-------------------------------------------------------------------------------------

betewe Margono ini bapaknya Soemitro, alias mbahnya Prabowo, yg nasabnya sampai ke Raden Tumenggung Banyakwide, anak asisten wedana Banyumas..

-------------------------------------------------------------------------------------

Tadi Wirjaatmadja juga orang Banyumas, sepertinya ngapakerz ini banyak ekonom handal yak?

-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Layak dijuluki kota bank

-------------------------------------------------------------------------------------

Walaupun berdiri pada tahun 1945, tapi nyatanya identitas yg tersemat di bank milik Margono ini 1946..

-------------------------------------------------------------------------------------

Karena Bank Sirkulasi ini baru punya kantor secara resmi pada 15 Juli 1946, di selatan Istana Kepresidenan Yogyakarta..

-------------------------------------------------------------------------------------

Di gedung baru itu (akhirnya punya kantor juga), Margono menerima PERPU No. 2 Tahun 1946 dan dilantik oleh Mohammad Hatta sebagai Direktur Bank Nasional Indonesia..

-------------------------------------------------------------------------------------

belum, masih "kota administratif" kalau ndak salah, yg saya tau sepertinya Purwokerto masih dipimpin sama Bupati Banyumas hingga sekarang..
in reply to:
Intermezzo: Purwokerto itu ternyata belum kotamadya tersendiri ya?
from: AdiPrakoso
-------------------------------------------------------------------------------------

BNI 1946 milik Margono akhirnya membuat Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai pesaing mata uang gulden dan yen yang banyak beredar saat itu..

-------------------------------------------------------------------------------------

Setelah Indonesia dikembalikan lagi ke dalam konsep Negara Kesatuan (bukan Serikat lagi), terjadi nasionalisasi aset secara besar-besaran..

-------------------------------------------------------------------------------------

Salah satunya yg dinasionalisasi adalah De Javasche Bank, yang sejak tahun 1951 diganti menjadi Bank Indonesia..

-------------------------------------------------------------------------------------

banyaknya jenis mata uang yang beredar membuat pemerintah republik mengeluarkan UU Mata Uang pada saat itu, untuk menggantikan Indische Muntwet 1912..

-------------------------------------------------------------------------------------

Sekaligus mengukuhkan posisi Bank Indonesia sebagai Bank Sentral / Bank Sirkulasi Utama..

-------------------------------------------------------------------------------------

Eh, ralat, UU Mata Uang mengukuhkan posisi BNI sebagai bank sentral sekaligus penjaga sirkulasi ORI..

-------------------------------------------------------------------------------------

Untuk Bank Indonesia sendiri dikukuhkan melalui Undang-undang Pokok Bank Indonesia tahun 1953 dengan tugas utama di bidang moneter, perbankan, dan sistem pembayaran..

-------------------------------------------------------------------------------------

Dalam arti melanjutkan peranan DJB sebelumnya, karena mata uang gulden masih yg paling banyak digunakan hingga berakhirnya RIS..

-------------------------------------------------------------------------------------

RIS = Republik Indonesia Serikat..

-------------------------------------------------------------------------------------

Perubahan posisi bank sentral ke BI membuat posisi BNI 1946 dirubah menjadi bank pembangunan, jadi pemerintah memiliki berbagai jenis bank dengan kegunaan masing-masing..

-------------------------------------------------------------------------------------

mungkin @mita_arum yg katanya kemaren lagi garap arsip Bank Indonesia di ANRI bisa sedikit banyak bercerita tentang kenapa BI yg akhirnya menjadi bank sentral, hehehehe..

-------------------------------------------------------------------------------------

paling banyak yg beredar itu gulden, karena masih masa transisi setelah campur tangannya di RIS.. lalu berikutnya ada ORI, dan yg paling sedikit yen..
in reply to:
Mata uang apa aja yg beredar di Indonesia waktu itu Mas?
from: AdiPrakoso
-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Nah, nambahin dikit, bank yg didiriken beliau inilah cikal bakal Bank BRI yg berdiri pada 16 Desember 1895.. Jangan heran kenapa BRI ultah, usia lebih tua dari republik ini.. Monggo dilanjut ris.. 😁
in reply to:
konsep Raiffeisen diadopsi oleh Wirjaatmadja untuk mendirikan 'bank bantuan dan simpanan milik priyayi Purwokerto'..
from: cak_faris
-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Afuuu 😂😂😂

-------------------------------------------------------------------------------------

nah iya, aku lupa njelaske soal ini, jadinya Banyumas punya andil sama BNI & BRI...
in reply to:
Nah, nambahin dikit, bank yg didiriken beliau inilah cikal bakal Bank BRI yg berdiri pada 16 Desember 1895.. Jangan heran kenapa BRI ultah, usia lebih tua dari republik ini.. Monggo dilanjut ris.. 😁
from: Doneh
-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Zzzzzz... Aku lg garap alsec.. Bukan BI.. Yg garap BI temenku..
in reply to:
mungkin @mita_arum yg katanya kemaren lagi garap arsip Bank Indonesia di ANRI bisa sedikit banyak bercerita tentang kenapa BI yg akhirnya menjadi bank sentral, hehehehe..
from: cak_faris
-------------------------------------------------------------------------------------

cuk, sik di eling-eling ae rek....
in reply to:
wani mensen, wis cek whatsapp durung mas?
from: lantip
-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Dyar we.. 😂😂😂😂

-------------------------------------------------------------------------------------

iya, jelasin yg soal BI jadi bank sentral itu dongs..
in reply to:
Zzzzzz... Aku lg garap alsec.. Bukan BI.. Yg garap BI temenku..
from: mita_arum
-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Kmrn cm baca dikit bgt. Blm nangkep apa2 karena lgsg diseret ngerjain alsec.. :(

-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Hish..

-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Hahaha.. Sa lanjut nyimak n kerja aja yaa..

-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Cuma baca sampe db yg akhirnya jd bank regulasi akibat dr perjanjian kmb kalo ga salah..

-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Kemudian tahun 50an saat nasionalisasi besar2an pemerintah akhirnya termasuk yg dinasionalisasim jadi BI. Kurun waktu awal 50an sempat ada dualisme bank sentral, sampe akhirnya bni jd bank pembangunan..

-------------------------------------------------------------------------------------

[mita_arum]: Maksudku nasionalisasi perusahaan2 belanda..

-------------------------------------------------------------------------------------

nah, soal jenis-jenis bank, jadi Republik Indonesia memiliki beberapa jenis bank..

-------------------------------------------------------------------------------------

seperti Bank EXIM, alias Bank Export Import, yg kini melebur di Bank Mandiri, dahulunya adalah eks Nederlandsche Handel Maatschappij (NHM) yg memang dari jaman londo ngurusi perdagangan dengan luar negeri..

-------------------------------------------------------------------------------------

BNI, seperti yg sudah disebut diatas, yg dijadikan sebagai bank pembangunan..

-------------------------------------------------------------------------------------

lalu ada BRI, yg pernah bernama Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN), yg memang dari dulu marketnya adalah rakyat kecil di pedesaan..

-------------------------------------------------------------------------------------

mungkin sekian dari saya, moga ada yg menambahi..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Nambahin dikit, Bank ini sempet di integrasikan menjadi BNI Unit II Bidang Rural.. Ribet ya? Ya begitulah.. Lanjut mas e.. Kilingan masa training soalnya.. 😁
in reply to:
lalu ada BRI, yg pernah bernama Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN), yg memang dari dulu marketnya adalah rakyat kecil di pedesaan..
from: cak_faris
-------------------------------------------------------------------------------------

itu topik yg diajukan mbah @lantip juga bagian dari sejarah perbankan negeri kita lho... :)

-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Kalo mau bahas gpp, nanti kita sekalianin lah.. Setelah kelar, bang @Penyejukhati siap2 menyajikan sejarah asuran karena ini berkaitan erat.. Bentar lagi di jalan, saya sambi ya nanti..

-------------------------------------------------------------------------------------

asuransi nanti ndak terlepas dari Niil Maatschappij, yg berhubungan mesra dengan De Javasche Bank..
in reply to:
Kalo mau bahas gpp, nanti kita sekalianin lah.. Setelah kelar, bang @Penyejukhati siap2 menyajikan sejarah asuran karena ini berkaitan erat.. Bentar lagi di jalan, saya sambi ya nanti..
from: Doneh
-------------------------------------------------------------------------------------

tetep ngelog aja, soalnya asuransi juga bagian dari perbankan to? CMIIW..
in reply to:
oke berarti segini dulu ya sejarah bank, lanjutin nanti lagi? atau biarkan sayuti melik tetep ngelog saja?
from: lantip
-------------------------------------------------------------------------------------

http://biji.nangka.xyz/files/2562746_20130110013315.jpg

-------------------------------------------------------------------------------------

mata uang gulden keluaran DJB..

-------------------------------------------------------------------------------------

http://biji.nangka.xyz/images/2016-02-17 00-16-15 0.jpg,images/2016-02-17 00-16-15 1.jpg,images/2016-02-17 00-16-15 2.jpg
kantor perusahaan asuransi Niil Maatschappij, di tempat ini pula pada 15 Juli 1946 BNI diresmikan..
-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Sekedar menambahkan lagi, pada era orba perbankan dibagi sesuai segmentasi, terutama bank bank BUMN.. Kayak yg disebutkan @cak_faris tadi, kayak bank BNI fokus ke pembangunan kayak ngasi kredit usaha menengah atas, BRI yg fokus ke usaha mikro, BTN yg berdiri pada tahun '70an fokus ke perumahan, Bank Exim yg ke perdagangan luar negeri, dll.. Sebagian lupa saya..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Sempet baca juga, link BI yg dikasi om @lantip tadi sejarah umum, peraturan yg menjadi dasar2 perubahan ada disitu.. Saya sendiri gak terlalu hafal..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Doneh]: Silahkan @Penyejukhati riswan, melanjutkan ke sejarah asuransi..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Blm bs euy 😁😁😁

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Nanti sore kemungkinan

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Cak @cak_faris silakan bahas asuransi Niil aja dulu

-------------------------------------------------------------------------------------

sedikit yg saya tahu soal Niil Maatschappij, karena gedungnya yg ada di pojokan nol kilometer Jogja itu termasuk cagar budaya, hehehe..
in reply to:
Cak @cak_faris silakan bahas asuransi Niil aja dulu
from: Penyejukhati
-------------------------------------------------------------------------------------

ini lagi ubek2 dokumen2 lama, dulu pernah baca bahwa salah seorang direktur De Javasche Bank juga menjabat di Niil Maatschappij, ayas lupa namanya..

-------------------------------------------------------------------------------------

lalu seluruh pegawai DJB wajib menjadi peserta asuransi Niil..

-------------------------------------------------------------------------------------

kedekatan antar orang Eropa membuat beberapa perusahaan membuat peraturan serupa, termasuk Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM), ambtenaar-ambtenaar di lingkungan Vorstenlanden (Djokdja & Soerakarta), serta keluarga keraton..

-------------------------------------------------------------------------------------

Tak heran Niil langsung tumbuh besar dan memonopoli bisnis asuransi di Hindia Belanda.. CMIIW, yg saya tau di Jogja-Solo dia memonopoli sih..

-------------------------------------------------------------------------------------

perusahaan asuransi ini bernama lengkap Nederlandsch-Indische Levensverzekeringen en Lijfrente Maatschappij (NILLMIJ), didirikan oleh C.F.W. Wiggers van Kerchem, seorang financier di Hindia Belanda..

-------------------------------------------------------------------------------------

http://biji.nangka.xyz/images/2016-02-17 00-33-12 0.jpg,images/2016-02-17 00-33-12 1.jpg,images/2016-02-17 00-33-12 2.jpg,images/2016-02-17 00-33-12 3.jpg
C.F.W. Wiggers van Kerchem, rupanya beliau juga presiden De Javasche Bank, selepas dari DJB lalu membentuk NILLMIJ..
-------------------------------------------------------------------------------------

http://biji.nangka.xyz/images/2016-02-17 00-40-01 0.jpg,images/2016-02-17 00-40-01 1.jpg,images/2016-02-17 00-40-01 2.jpg,images/2016-02-17 00-40-01 3.jpg
salah satu rumah pegawai NILLMIJ di Yogyakarta, kini dijadikan kantor PT Jiwasraya.. :)
-------------------------------------------------------------------------------------

Oh iya, NILLMIJ berdiri tahun 1859, lalu pada tahun 1957 dinasionalisasi tapi masih bernama NILLMIJ van 1859, hingga akhirnya pada 1958 berganti menjadi Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sedjahtera, cikal bakal PT Asuransi Jiwasraya..  😊

-------------------------------------------------------------------------------------

itu secuplik sejarah asuransi yg ayas tau, nanti dilanjut sama om @Penyejukhati yak.. hehehehe..

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: Ini sejarah bank udah ga ada yg mau nambah lg?

-------------------------------------------------------------------------------------

[Penyejukhati]: @SoundOfYogi misalnya?

-------------------------------------------------------------------------------------

Soal sistem ayas kurang tau sam, karena ndak intens di sejarah ekonomi dulu..
in reply to:
Apakah bank di Hindia-Belanda mendapat pengaruh dari bank yang ada di luar negeri @cak_faris ?
from: ArdiSam
-------------------------------------------------------------------------------------

Tapi seperti De Javasche Bank dan De Bank van Leening menjalankan fungsi sirkulasi keuangan di Jawa..

-------------------------------------------------------------------------------------

De Bank van Leening jadi anak usaha dibawah VOC yg mengurusi simpan-pinjam, termasuk menyimpan uang milik keraton mataram soerakarta ketika itu..

-------------------------------------------------------------------------------------

Setelah VOC bangkrut, fungsi bank sentral diambil oleh DJB..

-------------------------------------------------------------------------------------

Bank sentral disini berfungsi untuk menyimpan uang, meminjamkannya, mencetak uang, dan membuat surat2 obligasi..
in reply to:
Bank Sentral kayak BI di Hindia-Belanda itu apa?
from: ArdiSam
-------------------------------------------------------------------------------------

De Javasche Bank yg di Jogja itu termasuk yg paling kaya se Hindia Belanda, modal utamanya adalah aset2 kekayaan Kasultanan Yogyakarta yg saat ibukota republik pindah kesana konon disumbangkan untuk biayai negara...

-------------------------------------------------------------------------------------

Bicara soal pengaruh dr luar negeri, selain DJB ada juga cikal bakal BRI yg meniru sistem koperasi Raiffeisen di Jerman.. Jadi ya memang sistem perbankan kita banyak mengacu ke Eropa sih..

-------------------------------------------------------------------------------------



Semoga bahasan yang telah dikasihkan oleh Narasumber Diatas bisa menambah wawasan sobat-sobat semua , dan wawasan saya sendiri tentunya . Di mohon ketika kalian akan mengcopas atau ingin menyebar luaskan bahasan ini, tidak ada salahnya kalian memberikan Narasumber nya di blog kalian , Sekian Dan Terima Kasih :)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments