Sejarah Lengkap KUHP Di Indonesia

http://clariesza.blogspot.co.id/

Sejarah Lengkap Pembentukan KUHP Di Indonesia

Sejarah Lengkap KUHP Di Indonesia?? pada postingan kali ini saya akan Membahas tentang KUHP , yang atau disebut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana , Kalo cuma nama sobat pasti udah tau kan . Namun kali ini saya tidak akan memberikan bahasan seputar namanya saja , akan tetapi saya akan membagikan Sejarah terbentuknya Kitab Undang-Undang Hukum pidana Atau KUHP di Indonesia .

Nah rangkuman yang saya dapatkan Ini , Tidak terlepas Dari Group Telegram yang sangat besar kontribusinya dalam seluruh aspek pembahasan Sejarah di lingkup Group tersebut dengan orang-orang yang kaya akan Pengetahuan , yang khususnya tentang Sejarah KUHP ini . Untuk itu di akhir rangkuman nanti , saya akan Memberikan Narasumber - Narasumber yang telah membahas tentang ulasan ini .

yok daripada Kepanjangan , mending langsung saja Kita Lihat pembahasan nya dibawah ini :)




    Sejarah KUHP - Pengantar
    narasumber utama: Cho_ro | tanggal: 2016-02-16 23:21:12
    narasumber tambahan: [ArdiSam] [parisberkata] [lantip]
    =====================================================================================

    Aduh kalo diadd narsum gini bawaannya pengen ngelawak. Ga boleh ya? Harus pencitraan serius ya? *disepak massal

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: pembicaraan awal:

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Dengan kata lain, teks resmi tetap bahasa Belanda. Sampai hari ini Indonesia tidak punya terjemahan resmi Wetboek van Strafrecht

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Sebenernya posisi legalitas RUU KUHP ini ada di mana sih? RUU ini diajukan sejak 2001 dan dievaluasi dari 2005 dan sampe tahun ini belum ada satupun pembahasan bahwa ADA PASAL DI RUU KUHP yang sudah dilegalkan, ditanda tangani dan dijadikan UU oleh presiden (cmiiw).

    Kalo gini berarti delik pidana menurut RUU belum sah secara hukum kan?
    forward from: Cho_ro

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Yang dipakai UU sebelum perubahan bukan?
    forward from: parisberkata

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Berarti pakai UU KUHP yang tahun 81
    forward from: Cho_ro

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: ?
    forward from: Cho_ro

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Karena namanya RUU artinya belum memiliki efektifitas
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Yang 1981 itu adalah Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP)
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Beklah, lama juga ini wacana sampe belasan tahun
    forward from: Cho_ro

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Perancangan RUU KUHP jika dilihat pertama kali, sudah dilakukan sejak tahun 1964. Waktu itu dibuat oleh Lembaga Pembangunan Hukum Nasional (LPHN) yg sekarang jadi BPHN, dikomentari Prof. Moeljatno dengan sangat keras, lalu "menghilang". Beberapa waktu kemudian dibentuk lagi tim LPHN membuat rancangan. Sampe sekarang
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Lho trus KUHP yang berlaku yang tahun berapa?
    forward from: Cho_ro

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Nama aslinya adalah Wetboek van Stafrecht voor Nederlandsch Indie yang diberlakukan oleh Koninklijk Besluit No. 33 tanggal 15 Oktober 1915 dan mulai efektif 1 Januari 1918
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Kitab ini merupakan "copy" dan ada sedikit modifikasi disesuaikan dengan konteks tanah Hindia-Belanda, dari Wetboek van Strafrecht Belanda
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Dibuat 1881 dan diberlakukan 1886.
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Koninklijk Besluit itu titah raja
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Setelah kemerdekaan berdasarkan UU No. 1 tahun 1946 diadakan perubahan-perubahan pada KUHP, beberapa tindak pidana dan istilah
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Paling penting adalah Wetboek van Strafrecht disebut juga Kitab Undang-undang Hukum Pidana
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: Arti disebut berarti, ada nama lain
    forward from: ArdiSam

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Yang ada adalah terjemahan Prof. Moeljatno, terjemahan Andi Hamzah, terjemahan BPHN

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]:

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Aku punya 2 pertanyaan

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: http://biji.nangka.xyz/images/2016-02-16 18-25-00 0.jpg,images/2016-02-16 18-25-00 1.jpg,images/2016-02-16 18-25-00 2.jpg,images/2016-02-16 18-25-00 3.jpg

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Itu risalah sejarah pembuatan

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: 548 halaman

    -------------------------------------------------------------------------------------

    1. Bedanya KUHP dan KUHAP ini apa?
    2. Sistemasi pengajuan hingga persetujuan KUHP dan KUHAP ini gimana? Bisa terpisah/berbarengan atau salah satu harus tercapai dulu (if conditions) baru yang satu bisa diajukan kemudian?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Dilengkapi dengan keterangan Pemerintah Belanda, laporan DPR Belanda dll.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: @ArdiSam dalam proses pembuatan itu, apakah ada mengumpulkan hukum-hukum yang sudah berlaku di masyarakat, hukum adat misalnya, untuk jadi rujukan?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Aku sedang membaca arsip berita RUU KUHP ini sejak 15 tahun lalu dan semua maju mundur (dan penggunaan KUHP dan KUHAP ini susul menyusul)  tapi isinya kok kayaknya sama

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: KUHP itu isinya aturan umum dan jenis-jenis tindak pidana.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    SORRY, pertanyaan nomer dua maksudku pengajuan RUU
    in reply to:
    1. Bedanya KUHP dan KUHAP ini apa?
    2. Sistemasi pengajuan hingga persetujuan KUHP dan KUHAP ini gimana? Bisa terpisah/berbarengan atau salah satu harus tercapai dulu (if conditions) baru yang satu bisa diajukan kemudian?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: KUHAP itu adalah bagaimana menegakkan KUHP, hukum prosedur mulai dari penyelidikan sampe upaya hukum di Pengadilan

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Aku nyebutnya KUHP-WvS, kalau KUHP karena "warisan" yang dimodifikasi dikit jadi sejak berdiri Republik udah dipakai.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Kalau KUHAP pada dasarnya pengajuan sama seperti pengajuan UU secara umum

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Karena sifat KUHAP itu menegakkan KUHP maka harus ada KUHP dulu baru KUHAP

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Yg mana? KUHP? Kalo KUHP ndak. Karena pada dasarnya "copy" lalu "paste" lalu "edit"
    in reply to:
    @ArdiSam dalam proses pembuatan itu, apakah ada mengumpulkan hukum-hukum yang sudah berlaku di masyarakat, hukum adat misalnya, untuk jadi rujukan?
    from: lantip
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Substansinya tetap sama dan bahkan ketinggalan jauh. Belanda sudah banyak ngubah KUHP

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Tapi ketika dalam proses pengajuan apakah sebaiknya RUU KUHP disetujui dan dijadikan KUHP, baru mengajukan RUU KUHAP. Atau ketika RUU KUHP per pasal sekaligus membuat RUU KUHAP pasal tersebut? (yang artinya kalau gagal ulangi lagi dan berputar putar di pasal ini)
    in reply to:
    Karena sifat KUHAP itu menegakkan KUHP maka harus ada KUHP dulu baru KUHAP
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Idealnya memang RUU KUHP lalu RUU KUHAP untuk tercapainya sinkronisasi
    in reply to:
    Tapi ketika dalam proses pengajuan apakah sebaiknya RUU KUHP disetujui dan dijadikan KUHP, baru mengajukan RUU KUHAP. Atau ketika RUU KUHP per pasal sekaligus membuat RUU KUHAP pasal tersebut? (yang artinya kalau gagal ulangi lagi dan berputar putar di pasal ini)
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Oh oh pertanyaan lain,

    RUU KUHP/KUHAP ini harus disetujui per satu kitab dengan ratusan pasal atau bisa dicicil satu pasal disetujui dulu lalu pasal lain.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Eh KUHP ga bisa di amandemen ya?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    HAHAHHAHAHAHAHA #pertanyaanmacamapaini

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Karena sistemnya kodifikasi maka dibuat 1 buku yg di dalem ya ratusan pasal
    in reply to:
    Oh oh pertanyaan lain,

    RUU KUHP/KUHAP ini harus disetujui per satu kitab dengan ratusan pasal atau bisa dicicil satu pasal disetujui dulu lalu pasal lain.
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Astagfirullah.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Sementara itu di Belanda perubahan tidak dengan membuat 1 buku dengan ratusan pasal. Cukup membuat perubahan pasal apa yang perlu diubah dan pasal apa yang perlu ditambah

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Atau pasal mana yang perlu dihapus

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Bisa dilakukan Judicial Review
    in reply to:
    Eh KUHP ga bisa di amandemen ya?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Artinya dari tahun 1881 ini topik besaran pidana tidak mungkin bertambah walau mungkin berubah, seperti misalnya KUHP kesusilaan yang hanya delik aduan, dalam RUU KUHP jadi tindak pidana?
    in reply to:
    Yg mana? KUHP? Kalo KUHP ndak. Karena pada dasarnya "copy" lalu "paste" lalu "edit"
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Kita kenapa ngga melakukan ini ya?
    in reply to:
    Sementara itu di Belanda perubahan tidak dengan membuat 1 buku dengan ratusan pasal. Cukup membuat perubahan pasal apa yang perlu diubah dan pasal apa yang perlu ditambah
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Kalau jenis-jenis pidana dan tindak pidana tidak ada perubahan

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Hanya ada penyesuaian nominal pidana denda oleh MA

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Beberapa ketentuan seperti perjudian, penistaan agama, dan larangan penyebaran marxisme-leninisme memakai undang-undang "booster" untuk diinsert ke KUHP
    in reply to:
    Kita kenapa ngga melakukan ini ya?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Nah mas kayak misalnya nih, tahun 2013 apa ya mereka memasukkan pasal santet dalam RUU KUHP, bukannya ini artinya mengubah tindak pidana ya?
    in reply to:
    Kalau jenis-jenis pidana dan tindak pidana tidak ada perubahan
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: https://samardi.wordpress.com/2013/03/19/tindak-pidana-santet/

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Pernah tak tulis

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Sek

    -------------------------------------------------------------------------------------

    1881 itu melewati masa majapahit juga ya 😊

    -------------------------------------------------------------------------------------

    😔

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Bukan. Zaman mbah moyangnya Dimas
    in reply to:
    1881 itu melewati masa majapahit juga ya 😊
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    😂

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Aku bingung. Acuan KUHP nya beneran udah terlalu tua. Tapi RUU nya juga ga uwis uwis

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Ya begitu memang adanya
    in reply to:
    Aku bingung. Acuan KUHP nya beneran udah terlalu tua. Tapi RUU nya juga ga uwis uwis
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Kalau misalnya kayak yang RUU kesusilaan, di mana tadinya hanya delik aduan lalu berubah jadi tindak pidana itu juga mengubah tindak pidana KUHP juga?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Sama pasal penghinaan presiden yang bolak balik ditarik dan dimasukkin ini statusnya gimana?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Bisa saja. Bisa saja ketentuan di RUU KUHP berbeda dengan di KUHP
    in reply to:
    Kalau misalnya kayak yang RUU kesusilaan, di mana tadinya hanya delik aduan lalu berubah jadi tindak pidana itu juga mengubah tindak pidana KUHP juga?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Hooo
    in reply to:
    Bisa saja. Bisa saja ketentuan di RUU KUHP berbeda dengan di KUHP
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Nah ini juga kemaren sempat jadi bahasan
    in reply to:
    Sama pasal penghinaan presiden yang bolak balik ditarik dan dimasukkin ini statusnya gimana?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Karena pasal penghinaan terhadap Presiden oleh MK sudah dibatalkan tapi masuk lagi ke RUU KUHP. Kalau secara adminsitrasi sih memungkinkan memang. Cuma absurd aja sih

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Bagaimana menghina sebuah "nama jabatan"?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Buku 2 yang isinya jenis-jenis tindak pidana di RUU KUHP itu kebanyakan copas RUU yg pernah ada

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Gado-gado RUU

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Buku 1 terlalu banyak teori yg ga perlu

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Oke. Pengajuan RUU ini sistemasinya oleh siapa ke mana?

    Ini yang aku baca dari headline tempo 13 tahun terakhir :

    Diajukan pemerintah (pemerintah di sini siapa sih?)
    Disetujui DPR
    Disetujui kejakgung (?)
    Ditanda tangani presiden.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Inisiatif pembuatan RUU KUHP itu dari Kemenkumham

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Pemerintah diwakili oleh Kemenkumham

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Prosesnya inisiatif Pemerintah, RUU diajukan ke DPR, dibahas Pemerintah dan DPR, jika disetujui, jadi UU

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Yang disebut sebagai tim perumus ini ya
    in reply to:
    Pemerintah diwakili oleh Kemenkumham
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Atau sebaliknya

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Posisi kejakgung ini ngapain? Sebagai "pemerintah"?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Inisiatif DPR, diajukan, dibahas sama Pemerintah, jika disetujui baru jadi UU

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Ga tau juga posisi Kejagung kok bisa masuk. Palingan sebagai "pihak terkait"
    in reply to:
    Posisi kejakgung ini ngapain? Sebagai "pemerintah"?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Oh wait, tim perumus RKUHP ini ternyata ada dari kejaksaan, kepolisian dana kemenkuham

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Karna penyusun RUU KUHP itu ada dari Kumham sendiri, ada dari Kejaksaan, ada dari kepolisian, ada dari dosen, ada advokat

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: RUU KUHP terdiri dari 2 buku ya, Buku 1 dan Buku 2. Buku 1 berisi ketentuan umum, ketuanya Barda Nawawi Arief. Buku 2 berisi jenis-jenis tindak pidana, ketuanya Muladi

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: RUU yang berbau UI dan Undip kekekekeke

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Cuma sekarang kental berbau Undip

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Ok. Tanya lagi.

    Tahun lalu MK mengubah ketentuan pasal KUHAP penetapan tersangka masuk di pra peradilan. Padahal MK ini lembaga yudikatif (cmiiw) apa MK boleh ketok palu mengubah ketentuan salah satu pasal KUHAP? Atau harusnya ikut digodok juga di RUU KUHAP?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Hidup Loge... Oke.. Oke.. Hampir nyasar ke sana. Balik lagi

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Ra Uwis Uwis KUHAP

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Mungkin bisa ditanyakan kepada ahli HTN terkait kewenangan MK ini. Aku nda begitu faham kewenangan dan sejauh apa putusan ML
    in reply to:
    Ok. Tanya lagi.

    Tahun lalu MK mengubah ketentuan pasal KUHAP penetapan tersangka masuk di pra peradilan. Padahal MK ini lembaga yudikatif (cmiiw) apa MK boleh ketok palu mengubah ketentuan salah satu pasal KUHAP? Atau harusnya ikut digodok juga di RUU KUHAP?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    BENTAR  YA LILLAHIROBBI.

    Status RUU ini sebenernya udah RUU apa masih draf sih?? Ini kalo draf aja tawaf sampe puluhan tahun dari RUU dan disetujui jadi UU ini bisa jadi seabad lagi dong?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: 2016-1964 berapa?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    52 pak

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Ini adalah rancangan terlama yang pernah disusun bangsa Indonesia :)))

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Dan statusnya masi draft??

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Draft final RUU KUHP lagi dibahas sekarang
    in reply to:
    Dan statusnya masi draft??
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Kemaren sempat dikembalikan tahun 2012

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Naik lagi 2015 :)))

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Sampe sekarang. Ra uwis-uwis

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Draft final RUU.

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Yang akan jadi.... RUU

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Yang mana proses nya untuk ke presiden bisa jadi makan waktu 50 tahun? 😂 😂 😂

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Beberapa tahun lalu ada statement dari kemenhukam kalau RUU tidak bisa dibatalkan
    in reply to:
    Kalo cancel njuk piye
    from: Dhanzo
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Para penyusunnya banyak yang udah meninggal
    in reply to:
    Bbrp generasi akademisi bakal bakar buku kayanya
    from: Dhanzo
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Begini, yang tak maksud draft final itu adalah draft pembahasan terakhir versi Juni 2015 kalau ndak salah ya

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Bukan draft fix

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Pembahasan versi tim penyusun, sebelum naik ke DPR

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Jadi bukan draft fix RUU yg akan disahkan jadi UU

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Loh tahun 2014 amir syamsudin bilang kalau draft revisi sudah mulai dibahas di DPR
    in reply to:
    Pembahasan versi tim penyusun, sebelum naik ke DPR
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Lha ini bisa bola bali dibahas doang dan statusnya masih Draft?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Dikembalikan draftnya

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Makanya muncul versi Juni 2015

    -------------------------------------------------------------------------------------

    BHAHAHAHAHAHHAHAHHAAJINGAAAAN

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Di kompas ada statement, akhir November 2015 panitia kerja bersama pemerintah baru membahas 164 daftar inventaris masalah untuk 54 pasal.


    Apakah ini kelanjutan dari versi Juni 2015?
    in reply to:
    Makanya muncul versi Juni 2015
    from: ArdiSam
    -------------------------------------------------------------------------------------

    Sampe September tahun lalu sih masih, kejakgung minta pasal itu dipertahankan. Padahal berita terakhir 2013. Mbuh ngapa naik lagi
    in reply to:
    pasal tentang santet masih jadi perdebatan..?
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    http://www.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php?page=web.Berita&id=10858#.VsPCLnMxXqA


    MK telah memutuskan memperluas objek praperadilan sebagaimana diatur di dalam Pasal 77 ayat (a) KUHAP yang mencakup penetapan tersangka, penggeledahan, dan penyitaan untuk diperiksa keabsahannya.

    ...

    Selain itu, MK juga telah mengkoreksi ketentuan Pasal 1 angka 14, Pasal 17, dan Pasal 21 ayat (1) dengan menambahkan frasa 'minimal dua alat bukti' untuk menetapkan seseorang sebagai tersangka.
    in reply to:
    hah..? serius..?
    gw kira sebatas yurisprudensi putusannya saprin..
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Yup. Draft zaman Amir dikembalikan, diajukan lagi zaman Yasona. Dikasih DIM sama DPR sampe hari ini masih pembahasan
    in reply to:
    Di kompas ada statement, akhir November 2015 panitia kerja bersama pemerintah baru membahas 164 daftar inventaris masalah untuk 54 pasal.


    Apakah ini kelanjutan dari versi Juni 2015?
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: BACA INI https://samardi.wordpress.com/2013/03/19/tindak-pidana-santet/ SONTAT SANTET SONTAT SANTET
    in reply to:
    pasal tentang santet masih jadi perdebatan..?
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: APA YG MAU DIBUKTIKAN HAH?
    in reply to:
    susah dalam pembuktian..
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    😂 😂 😂

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: EMANG DIATUR SOAL SANTET?
    in reply to:
    ya makanya susah..
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Begitulah. Memang mbulet aja pembahasannya.
    in reply to:
    😂 😂 😂
    from: Cho_ro
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Karena terlalu banyak yang harus dibahas

    -------------------------------------------------------------------------------------

    Ada pemohon hak uji materi, tapi dikabulkan dan direvisi MK.
    in reply to:
    ebuset.. ini ada yg ngajuin permohonan ato inisiatif MK..?
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Ngawur kalo ada yg bilang ada tindak pidana santet di RUU KUHP
    in reply to:
    kata dosen yg ikut bahas ruu itu, sempet mau dimasukin tentang tindak pidana santet..
    trus pada heboh.. GMN BUKTIINNYA...?
    from: AnunyaKamu
    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Mbahas apa tim penyusun?

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [ArdiSam]: Kalao tim penyusun ga ada yg bilang gitu

    -------------------------------------------------------------------------------------

    [lantip]: sudah dulu pembahasan KUHP?

    -------------------------------------------------------------------------------------











Sejarah KUHP - Pengantar
narasumber utama: Cho_ro | tanggal: 2016-02-16 23:21:12
narasumber tambahan: [ArdiSam] [parisberkata] [lantip] 

Semoga bahasan yang telah dikasihkan oleh Narasumber Diatas bisa menambah wawasan sobat-sobat semua , dan wawasan saya sendiri tentunya . Di mohon ketika kalian akan mengcopas atau ingin menyebar luaskan bahasan ini, tidak ada salahnya kalian memberikan Narasumber nya di blog kalian , Sekian Dan Terima Kasih :)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments