Sejarah Terbentuknya Anggota Radikal ISIS

http://clariesza.blogspot.co.id/

SEJARAH TERBENTUKNYA ISIS

Sejarah Terbentuknya Anggota Radikal ISIS ?? Pada 1980, Uni Soviet menginvansi Afghanistan sebagai bentuk dukungannya pada rezim Najibullah.
Dunia terkejut karena sekali lagi, dua kekuatan dunia saat perang dingin tersebut, Soviet dan AS
kembali terlibat dengan proxy war. Setelah sebelumnya AS dan Soviet bermain main di Kuba, Kongo
dan Indo China.
 Berbeda dengan proxy war sebelumnya. Afghanistan adalah wilayah bekas jalur sutra yang menjadi
penghubung Timur Tengah, India dan RRC serta Eropa Selatan, Balkan. Menguasai Afganistan adalah
menguasai intersection dan geopolitik Timur Tengah, India dan RRC. Dan AS tidak ingin wilayah
tersebut jatuh dalam pengaruh Soviet seperti indo china, afrika tengah dan Kuba.
 Namun AS juga tidak mau berhadapan secara langsung dengan Soviet seperti yang nyaris terjadi di
Laos dan Vietnam "secret war in Indochina". Selain itu, AS juga tidak terlibat terlalu jauh dengan
dinamika politik Timur tengah yang akan menyeret AS pada konflik yang akan menganggu stabilitas di
Iran (masa Pahlevi) dan Israel.
 Adalah Charlie Jason, seorang Senator yang menawarkan Ide brilian. Dia berangkat ke Pakistan,
negeri yang sangat butuh senjata karena sedang berperang dengan India dan baru saja kehilangan
Pakistan Timur (Bangladesh). Di Islamabad, Pakistan, Charlie bertemu dengan Presiden Pakistan, Zia
Ul Haq
 Zia ternyata jago menggertak, AS tidak diizinkan menggunakan wilayah Pakistan sebagai bufferzone
proxy war di Afghanistan. Zia terlampau kesal karena AS menjual F­16 tanpa dilengkapi radar.
 Zia menyarankan agar AS mempersenjatai melalui suku Afghanistan.
  Memberikan persenjataan kepada kaum penghuni gurun adalah kesalahan fatal AS. Tapi apa lacur,
AS tak punya pilihan lain. Soviet harus diusir dari Afghanistan dan caranya adalah dengan membantu
perang gerilya suku­suku Afganistan melawan rezim Najibullah.
 Lalu AS menghimpun dan mengkonsolidasi kepala­kepala suku dan para ulama Afghanistan.
Menghadiahi berbagai hadiah dan bingkisan. Lalu meminta kepala suku tesebut untuk membentuk
pasukan Mujahidin.
 AS juga menempatkan Osama Bin Laden sebagai penghubung antara gedung putih dan mujahidin. Dan
juga bebagai kelompok jihadis akhir bentuk lembaga sendiri sendiri. Para Jihadis inilah yang akhirnya
menjadi local asset AS melawan Soviet.
 AS memberikan persenjataan tersebut dengan cara unik. Karena jika ketahuan sama Soviet akan
bikin beruang merah itu meradang. Lalu AS memanfaatkan relasi mereka di Timur Tengah. konflik
Israel ­ Mesir dijadikan modus pengiriman senjata ke Afghanistan.
 sebuah kapal kargo berisi senjata Israel dibajal oleh faksi perlawan Palestina. Dan senjata tersebut
baru dibawa ke Afganistan sebagai barang rampasan.
 Padahal itu senjata dari AS yang sengaja dibawa oleg kapal kargo Israel untuk dibiarkan di bajak oleh
faksi perlawanan Palestina lalu kemudian bisa tiba di basis perlawanan Mujahidin.
 Akhirnya Senat memberikan paket program dan bantuan persenjataan kepada Mujahidin Afghanistan,
gak banyak, awalnya cuma USD 5 juta namun terus bertambah jadi USD 250 juta.
 Stinger missile, anti serangan udara portable yang dipanggul jadi favorit. Akibatnya Sovyet banyak
kehilangan Helicopter. Dan ini menjadi penyeimbanf kekuatan antara Mujahidin dan Sovyet. Perang
asymmetric tersebut seketika berubah jadi imbang. Kremlin kebingungan bagaimana AK­47 bisa
berubah jadi Stinger.
 Akhirnya, Sovyet tarik mundur pasukannya. Dan tak lama setelah itu, Agustus 1990 terjadi kudeta di
Sovyet. Dan berujung pada bubarnya Uni Sosialis Sovyet Republik.
 Perang usai, AS tak mau tahu lagi urusan di Afghanistan. Akhirnya, para warlord Mujahidin tersebut
saling bacok bacokan. Sampai faksi taliban, atau pelajar sekolah agama, mendirikan rezim teror.
 AS lupa satu hal, perang selama 8 tahun telah membuat Afghanistan punya masalah dengan
penduduknya. Praktis mayoritas yang tersisa adalah anak remaja akil baligh. Menyimpan trauma dan
dendam dengan perang. Kurang pendidikan dan gak makan bangku sekolah membuat mereka menjadi
embrio sebuah organisasi teror terbesar di dunia, Al Qaedah.


 SEJARAH ISIS – DAESH

     Sejarah ISIS – Daesh

    Fikri M Ghazi, [05.02.16 11: 55]

     [In reply to Reza]

     Asal usulnya, gimana Daesh bisa nongol dari organisasi ga dianggep jadi ancaman nomor satu

    sekarang

    Reza, [05.02.16 11: 55]

     Bicara soal daesh. Kita akan kembali pd masa Invansi Sovyet ke Afghanista tahu 80an. Embrio­nya

    dari sana


    Reza, [05.02.16 12: 16]

     Nah bicaea Daesh gak bisa lepas dr Al Qaeda.

    Reza, [05.02.16 12: 17]

     Timeline­nya gini. Pasca Sovyet kabur dr afghanista para milisi2 bersenjata mujahidin saling bunuh.

    Sampai Taliban berkuasa.

    Reza, [05.02.16 12: 18]

     Osama bin Laden adl salah satu faksi yg awalnya dibiayai saudi di AS sbg proxy.

    Reza, [05.02.16 12: 18]

     Taliba dpt bantuan Osama utk rebut Ibukota kabul pd akhir 90an.

    Reza, [05.02.16 12: 19]

     Sejak Sovyet pergi. AS gak peduli lagi sama Afghan dan puluhan proxy­war mrk di afgan.

    Reza, [05.02.16 12: 19]

     Sampai ada serangan ke berbagai fasiltas AS spt di Kenya dan USS Cole. Yg diklaim dikerjakan oleh Al-Qaeda


    Reza, [05.02.16 12: 20]

     Puncaknya 9/11 WTC

    Reza, [05.02.16 12: 20]

     AS marah. Dan Invansi Afghanista. Krn Taliban gak mau serahkan Bin Laden

    Reza, [05.02.16 12: 21]

     Kemudian Al Qaeda yg awalnya cuma faksi model FPI pake AK­47 tiba2 jd icon baru radikalisme

    Reza, [05.02.16 12: 22]

     Invansi AS ke Afganistan spt gangguin sarang tawon. Al Qaeda berdiaspora

    Reza, [05.02.16 12: 22]

     Menyebar sampai laut tengah dgn sel2 teror mrk. Bahkan Indonesia. Objektif mrk. Kepentingan AS

    Reza, [05.02.16 12: 25]

     Sampai invansi AS di Irak 2003.

    Reza, [05.02.16 12: 25]

     Al Qaeda Irak ikut melawan AS sampai kalah dan diaspora lagi

    Reza, [05.02.16 12: 26]

     Mrk baru eksis kembali setelah Irak bentuk pemerintahan baru pasca Saddam. Pemilu dimenangkan

    oleh mayoritas.

    rony lantip, [05.02.16 12: 27]

    sekedar supaya berada di "jalur yang benar" https: //www.youtube.com/watch?v=0D4­XEhnMtM

    rony lantip, [05.02.16 12: 27]

     hihi biar ada mason masonnya

    Rahan Galileo, [05.02.16 12: 29]

     [In reply to Reza]

     Invasi USSR ke Afghanistan inilah inspirasi film First Blood III aka Rambo. #intetmezzo

    Reza, [05.02.16 12: 29]

     Sebenarnya AS yg bikin blunder. Pasca operation iraqi freedom. AS bikin yg namanya CPA

    Reza, [05.02.16 12: 30]

     Coalition Provisional Authority. Atau pemerintahan pendudukan sekutu di Irak

    Reza, [05.02.16 12: 31]

     Salah satu policy CPA adl De­bath­isasi. Penghapusan partai bath dr struktur pemerintahan Irak

    Reza, [05.02.16 12: 31]

     Selain itu. AS jg bubarkan tentara nasional irak dan republican guard

    Rahan Galileo, [05.02.16 12: 32]

     [In reply to Reza]

     Ini kesalahan fatal sih.

    rony lantip, [05.02.16 12: 32]

     [In reply to Rahan Galileo]

     kesalahan fatalnya sejak sebelum itu jauh bukan?

    Rahan Galileo, [05.02.16 12: 36]

     [In reply to rony lantip]

     Blundrr berkali­kali sih sebenarnya. Tapi pembubaran garda nasional dan tentara nasional iraq, bikin

    AS ga punya tangan apa­apa di sana. Semuanya lose control.

    rony lantip, [05.02.16 12: 37]

     tahun 1980 itu pencanangan AS sebagai polisi dunia bukan ya?

    Fikri M Ghazi, [05.02.16 12: 38]

     Mustinya strategically, Republican Guards nya Saddam aja yg dibubarin

    Fikri M Ghazi, [05.02.16 12: 38]

     Karena Republican Guards nya Saddam itu yg paling combat efisien sekaligus loyal ke Saddam &

    Baath

    Reza, [05.02.16 12: 39]

     Nah. Otak pembubaran itu skrg jd Direktur CIA

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 13: 00]

     [In reply to Reza]

     Gimana dengan tuduhan bahwa Daesh didirikan & dibiayai awalnya oleh mantan petinggi Ba`ats yang

    merasa tidak puas karena pemerintah baru dianggap mementingkan Syi`ah saja & tidak bagi2

    kekuasaan dengan mantan Ba`ats yang Sunni sehingga dimainkanlah isu sektarian?

    Fikri M Ghazi, [05.02.16 13: 01]

     Yg jelas petinggi ISIS banyak yg dulunya perwira tinggi di era Saddam

    Robby, [05.02.16 13: 26]

     Belum jelas ini bagaimana pembentukan IS

    Robby, [05.02.16 13: 26]

     dan kenapa IS bisa tumbuh sebesar itu

    Robby, [05.02.16 13: 27]

     lalu mengapa sebagai kelompok teror mereka bisa bertahan selama 3 tahun setelah aksi besar

    mereka

    Robby, [05.02.16 13: 27]

     Lalu apa beda IS dengan AQ

    Galih Panuntun, [05.02.16 14: 14]

     Watch "ISIS ­ "Islamic" Extremism? | Full Documentary ­ HD" on YouTube

    https: //youtu.be/WVMFnESN1fg

    Robby, [05.02.16 15: 41]

     JaN menolak putus hubungan dgn AQAP dan menolak kekhalifan bigdaddy

    Robby, [05.02.16 15: 41]

     JaN lalu memperbarui baiat ke AQAP

    Robby, [05.02.16 15: 42]

     Beda utama AQ dan IS soal khilafah, AQ tidak hendak mendirikan khilafah sependek yg saya ingat

    Robby, [05.02.16 15: 42]

     JaN akan membubarkan diri bila revolusi suriah selesai

    Robby, [05.02.16 15: 43]

     Dan AQAP pernah merilis kutipan Ibn Taimiyyaj mengenai muslim harus taat kepada pemimpin yang

    adil walau pemimpin itu bukan muslim


    Robby, [05.02.16 15: 44]

     Kronologi kejadian ya, soal sebab IS muncul bisa beda2

    Robby, [05.02.16 15: 44]

     Tergantung siapa yg ditanya

    Robby, [05.02.16 15: 44]

     Kalau nanya syiah, IS itu hasil kerja wahabi

    Robby, [05.02.16 15: 45]

     Nanya ke pengamat teroris, IS hasil kerja AQ

    Robby, [05.02.16 15: 45]

     Nanya ke penganat kejahatan, IS adalah gengster

    Robby, [05.02.16 15: 46]

     Nanya ke penganat politik, IS hasil kerja partai baath

    Robby, [05.02.16 15: 46]

     partai baath ini partainya saddam hussein dan bashar assad

    Robby, [05.02.16 15: 47]

     Jadi kalau IS katanya hasil kerja partak Baath maka bisa dimaklumi kalau IS dan rejim assad dagang

    minyak bareng, orang2 partai baath di IS mungkin kenal baik dengan orang2 partai baath di reji.

    Reza, [05.02.16 16: 00]

     Soal ideologi, Daesh agak sukar dijelaskan. Terlalu banyak bias. Sebab mrk konsepnya waralaba

    Reza, [05.02.16 16: 01]

     Mau dibilang salafi ngga juga. Dibilang wahabi ya gak gitu2 juga.

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 16: 01]

     [In reply to Robby]

     Somehow I doubt IS yang benci Assad setengah mati bisa bertransaksi dengan rezim yang mereka

    anggap thoghut ini. Assad pun kecil kemungkinan bertransaksi dengan mereka karena artinya dia

    membiayai kelompok yang mau menyingkirkan dia

    Robby, [05.02.16 16: 01]

     Hakim Rauf Rashid dianggap pahlawan karena membalaskan dendam etnik kurdi kepada saddam yg

    pernah melakukan serangan zat kikia di halabja, wilayah itak yg dominan kurdi

    Reza, [05.02.16 16: 03]

     Eksperimen Al Qaeda Irak udah dimulai sejak 2013. Setahun sebelum deklarasi ISIS

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 16: 03]

     Hubungan Daesh dengan Baath sepertinya hanya terjadi di awal, setelahnya Daesh memisahkan diri,

    apalagi ideologi Daesh & Baath sangat berbeda

    Reza, [05.02.16 16: 05]

     Bentar tahan dulu.. Hrs dipahami situasi politik Irak pasca pemilu dan penarikan pasukan AS.

    Selanjutnya Arab Spring

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 16: 06]

     [In reply to Robby]

     Daesh gak benci Assad, tapi menggunakan kebencian sektarian dengan alasan tirani Syi`ah terhadap

    Sunni untuk merekrut orang? Daesh juga membantai tentara Suriah yang mereka tangkap.

     Yang lebih mungkin adalah perhatian Assad terpecah di antara begitu banyak faksi pemberontak yang

    ada, ditambah lagi pasukan Suriah yang sebenarnya tidak kuat2 amat malah ada yang defect.

    Reza, [05.02.16 16: 07]

     De­bath­isasi kerjaaan CPA di Irak dampaknya besar banget.

    Reza, [05.02.16 16: 07]

     Tentara Irak saat invansi tdk memberikan perlawanan berarti. Banyak yg menyerah pd sekutu. Yg

    bertahan dan fight habis hanya garda republik.

    Reza, [05.02.16 16: 08]

     Jenderal2 tentara nasional Irak berharap stelah saddam jatuh mrk akan tetap dilibatkan dlm

    penyusunan Irak yg baru. Mrk gak ikut partai bath jd mrk punya harapan. Spt jenderal2 Tentara

    Jerman saat akhir perang dunia

    Reza, [05.02.16 16: 09]

     Tp kebijakan membubarkan tentara nasional Irak oleh CPa meninmbulkan kantong2 perlawanan. Kalo

    dilihat

    Reza, [05.02.16 16: 10]

     Pemerintah Irak pasca pemilu membangun ulang tentara nasional. Banyak yg udah jd perwira pd

    dibalikin jadi prajurit. Terjadi insurgency massal eks­ tentara tdk puas dgn kebijakan re­rekrut ini

    Reza, [05.02.16 16: 28]

     Masa saddam berkuasa. Irak dikuasai oleh minoritas Sunni. Yg basisnya ada di utara spt Fallujah.

    Ramadi dan Mosul. Sdgkan sumur2 minyak ada di wilayah syiah yg mayoritas. Dlm politik hanya

    partai bath berkuasa. Mulai dr lurah sampai gubernur semua dr partai Bath. Kalo mau jd PNS hrs jd

    anggota partai Bath. Sdgkan tentara para perwira didominasi oleh Sunni dan prajurit banyakan Syiah.

     Thn 2004. Tentara masa saddam dibubarkan. Kemudina dibuat New Iraqi Army Tentara direkrut ulang

    dgn standar AS yg gak mandang etnis dan aliran. Jutaan dollar dikasih utk tentara baru. Ratusan tank

    abrams dikasihin dan berbagai teknologi baru. AS sejak th 2004 dah lelah ngurus irak. Sejak iraqi

    freedom selesai, mrk malah kehilangan personil nyaris sama dgn perang vietnam justru saat operasi

    militer selesai.

     Setelah pemilu. Kemudian Kurdi dikasih wilayah otonom. Daerah kurdi adl daerah kaya minyak dgn

    ibukota di Arbil.

     Pemerintah irak yg baru pasca otonom ini gak pernah solid. Sebab isinya kompromi berdasarkan

    ratusan suku dan etnis serta aliran. Akibatnya rentan dgn berbagai rongrongan. Bahkan militernya

    lemah banget krn ngejar gaji doang. Maklum pekerjaan yg paling menggiurkan adl jd tentara sebab

    ekonomi blom jalan.

     Itu sekedar gambaran situasi sospol irak pasca saddam.

    Reza, [05.02.16 16: 31]

     Sebenarnya irak lebih tertib saat dipegang saddam. Tapi mau gimana lagi, AS dah keburu masuk

    duluan. Dan mrk gak bisa keluar begitu aja. Makanya mrk setengah mati rekayasa sosial biar ada

    pemerintahan baru dan mrk pulang.

     Gimana gak stress ngadepin pemberontakan orang2 yg gak puas setelah lapak ekonomi mrk hilang

    krn perubahan politik dan semua bersenjata.

    Galih Panuntun, [05.02.16 16: 55]

     Watch "Turkey's illegal oil deals with ISIS fueling terrorists ­ captured Daesh fighter" on YouTube

    https: //youtu.be/hUeucIp5uAo

    Galih Panuntun, [05.02.16 16: 55]

     Yg beli minyak 'haram" dr IS slh satunya adlh Turki


    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 01]

     Watch "Turkish Government Caught Helping ISIS" on YouTube

    https: //youtu.be/DHyKFpEl95w

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 02]

     Watch "Turkish Government Caught Helping ISIS" on YouTube

    https: //youtu.be/DHyKFpEl95w

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 05]

     Usaha turki mensupply bantuan kpd isis selain krn isis adlh slh satu pemberontak yg akan

    menggulingkan rezim assad jg utk memberantas pkk kurdi. Minyak murah jg bonus keuntungan.

     Tapi ruginya perbatasan yg terlalu ramah utk turki kpd isis mjadikan byk kasus bom bunuh diri di

    turki serangan teroorisme. Itulah risiko yg kata Mantan dubes as utk suriah sbg mengendarai macan.

    Robby, [05.02.16 17: 05]

    http: //www.wsj.com/articles/u­s­says­syria­is­buying­oil­from­islamic­state­1448471418

    Robby, [05.02.16 17: 06]

     Amerika memberi sanksi dan membekukan aset warga suriah yg menjadi perantara jual beli minyak

    IS dan assad

    Robby, [05.02.16 17: 07]

     Di suriah turki mendukung salah satu faksi FSA, bukan IS.

    Robby, [05.02.16 17: 08]

     Faksi FSA yg isinya dr etnik turki juga, turkoman

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 11]

     Kl suriah butuh isis knp mengizinkan rusia menggunakan area udara suriah utk menggempur isis?

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 13]

    Moscow: Turkey downed plane to protect ISIS oil trade ­ CNN.com

    http: //edition.cnn.com/2015/12/01/europe/syria­turkey­russia­warplane­tensions/

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 14]

     Knp jg turki menembak pesawat rusia yg msh di wil suriah? Ada indikasi krn motif di atas

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 15]

     Ketika Paris di serang teroris di sttadion dll. Pres assad mengatakan ini akibat mendanai militan.

    Artinya Assad sdh paham jgn main2 dg militan yg tujuannya menggulingkannnya.

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 20]

     Syria’s President Assad says Paris attacks result from France’s aiding of rebels ­ The Washington Post

    https: //www.washingtonpost.com/world/assad­says­paris­attacks­result­from­frances­aiding­rebels­

    in­syria/2015/11/14/287f7576­8adc­11e5­bd91­d385b244482f_story.html

    Galih Panuntun, [05.02.16 17: 22]

     Dlm situs2 n media pendukung Daulah Islamiyyah atau IS rezim n tentara Suriah kerap disebut

    Rafidhi Nushairiyyah. Artinya dlm IS sendiri ada motif n aksi serta paham mengafirkan Rezim n antek2

    Assad sbg Syiah Rafidhi nushairiyyah yg agk mustahil bisa ketemuann utk tidak berkonfrontasi perang

    tapi malah jual beli minyak haram dr Irak.

    Reza, [05.02.16 17: 26]

     Awalnya, th 2003, saat tentara AS merangsek ke Utara. Ada milisi yg dibentuk dgn tujuan menahan

    laju tentara AS dgn bikin urban warfare. Taktiknya nyebarin improvised explosive device (IED).

    Reza, [05.02.16 17: 27]

     Milisi ini bentukan garda republik. Saat itu saddam blom ketangkep. Tentara Nasional Irak dah

    hancur. Cuma Garda Republik yg loyal masih bertahan. Khususnya di wilayah Tikrit, Fallujah dan

    Ramadi.

    Reza, [05.02.16 17: 28]

     Nah salah satunya muncul nama Baghdadi. Dia dkk mendirikan Jamaat Jaysh Ahl al­Sunnah wa­l­

    Jamaah (JJASJ), Angkatan Bersenjata Kelompok Warga Sunni, yang beroperasi dari Samarra, Diyala,

    dan Baghdad.

     Di dalam kelompok ini, Baghdadi menjadi pemimpin dewan hukum. Pasukan pimpinan AS

    menahannya dari bulan Februari­Desember 2004, tetapi membebaskannya karena Baghdadi tidak

    dianggap sebagai ancaman tingkat tinggi.

    Reza, [05.02.16 17: 29]

     Kelompok ini gabung dgn sel Qaeda Irak yg udah aktif beroperasi. Mengikuti jejak Al Qaeda (baiat ke

    Al Qaeda) mrk mengubah nama menjadi Majlis Shura al­Mujahidin (Dewan Syura Mujahidin) pada

    permulaan tahun 2006, pimpinan JJASJ menyatakan dukungannya dan penggabungan diri dgn Al Qaeda

    Irak.

    Reza, [05.02.16 17: 33]

     Di dalam struktur baru, Baghdadi bergabung dalam dewan hukum, tetapi tidak lama kemudian

    organisasi ini kelahi sama Al Qaeda Irak, pdhl dah baiat. Dlm bbrp sumber yg terverifikasi krn

    pembagian jarahan minyak gelap.

     Baghdadi ikut mengumumkan perubahan nama kembali di akhir tahun 2006 menjadi Negara Islam

    Irak (ISI). Baghdadi menjadi pengurus umum dewan hukum provinsi di dalam "negara" baru disamping

    anggota dewan penasehat senior ISI.

     Jadi, JJASJ 2003, kemudian gabung Al Qaeda Irak dan ubah nama Majelis Syura Mujahidin (MSM).

    Terus kelahi sama Al Qaeda gegara bagi2 jarahan minyak dan deklare Islamic State of Irak atau ISI pd

    akhir 2006.

    Reza, [05.02.16 17: 36]

     [ Photo, Nih komuknya Abu Umar Al Baghdadi, deklarator Islamic State of Iraq (ISI) akhir th 2006.

    Jauh sblm ISIS nongol ]

    Reza, [05.02.16 17: 37]

     Abu Umae Baghdadi ini dulu perwira militer zaman Saddam.

    Reza, [05.02.16 17: 40]

     Tak lama setelah deklare ISI, pasukan AS dan Irak melancarkan serangan ke safe house Abu Umar Al

    Baghdadi. Mati dia sama anaknya dan Abu Ayyub Al Masri, pimpinan Al Qaeda Irak.

    Reza, [05.02.16 17: 48]

    http: //mobile.reuters.com/article/idUSTRE63I3CL20100419

    Reza, [05.02.16 17: 49]

     Penyerangan yg menewaskan Abu Umar Al Baghdadi terjaid tahun 2010.

    Reza, [05.02.16 17: 54]

     Agak susah kalo disebut Sel. Kalo sel itu konsepnya... Kirim orang trus bangun kelompok. (Send

    agent and grouping)

    Reza, [05.02.16 17: 55]

     Kalo ISIS ini franchise.. Kelompok vandalis dgn label agama kemudia deklare berbaiat pd Amir (si

    abu bakar baghdadi)


    Reza, [05.02.16 17: 55]

     Ini yg bedakan ISIS dgn HTI dan Al Qaeda..

    Reza, [05.02.16 17: 56]

     HTI itu cuma onani wacana. Sejak berdiri th 1953, HTI boro2 bikin khilafah. Yg ada gitu2 doang.

    Reza, [05.02.16 17: 58]

    Al Qaeda : jelas konsepnya. Hantam AS dan sekutunya. Tapi mereka bikin sel dan sleeping cell. Gak

    jelas tujuannya apa. Palingan ujung2nya kendalikan pasar gelap narkoba dan senjata di daerah konflik.

    Polanya gitu2 aja. Makanya Al Qaeda cuma eksis di daerah2 konflik spt Mindanau, afghan dan Irak.

    Reza, [05.02.16 17: 59]

     Pas arab spring di Libya, Al Qaeda ikutan gebukin Qadafi. Bahkan dpt air support dr Nato.

    Reza, [05.02.16 18: 00]

     Proyek besar Al Qaeda itu Syria. Tapi keburu berantakan krn rebutan jarahan. Pescah jadi Al Nushra.

    Terus 2013 pecah lagi dan nongol Islamic State Levante.

    Reza, [05.02.16 18: 01]

     Islamic State Levante ini yg berbaiat dgn Abu Bakar Al Baghdadi, yg duluan Deklare Islamic State

    Iraqi. Jadi ISIS pd tahun 2013.

    Reza, [05.02.16 18: 01]

     Kalo gak salah, foot step ISIS pertama ada di kota Raqqa. Sebelum mereka rebut kota Mosul dan

    Fallujah dll

    Reza, [05.02.16 18: 03]

     ISIS kemudian ganti nama pas Ramadhan 2014 jadi Islamic State. Mereka terima baiat dr berbagai

    faksi vandalism berlabel agama lainnya. Spt Bokong Haram dan Abu Bakar Baasyir gitu

    Reza, [05.02.16 18: 04]

     Makanya fansboy ISIS di twitter selalu berdalih ISIS itu fiktif dan tdk ada. Karena bagi mereka ISIS

    SDH GAK ADA. Udah ganti nama jadi IS

    Reza, [05.02.16 18: 04]

     Kagak ada yg nangepin..

    Reza, [05.02.16 18: 04]

     Bubarkan

    Robby, [05.02.16 18: 12]

    Suriah membiarkan rusia masuk karena:

     1. Butuh, assad perlu dukungan karena menjelang jatuh, pemberontak sedang kuat2nya sementara

    iran menolak mengirim lbh banyak pasdaran,

     2. Tentara assad tidak becus,

    Robby, [05.02.16 18: 13]

     Rusia menggempur IS? Mayoritas serangan udara rusia jatuh di wilayah pemberontak suriah,

    Robby, [05.02.16 18: 14]

     Karena musuh assad adlh pemberontak suriah, IS merebut raqqa dr pemberontak suriah bukan dr

    assad, utara dan timur suriah didominasi pemberontak suriah

    Robby, [05.02.16 18: 17]

    http: //time.com/4129222/russia­airstrikes­syria­civilian­casualties­isis/

    Robby, [05.02.16 18: 18]

    http: //www.cbsnews.com/news/russia­airstrikes­school­classroom­ain­jara­aleppo­rebel­held­syria/

    Robby, [05.02.16 18: 19]

     Di artikel Time yg dikutip adalah orang think tank rusia sendiri...

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 21]

     [In reply to Robby]

     Realitasnya lebih kompleks. Kalau lihat peta pemboman, Rusia bom berbagai faksi pemberontak,

    termasuk Daesh, an­Nusra, FSA, dll. Untuk Daesh, termasuk truk2 pembawa minyaknya.

     Daesh merebut daerah dari siapa pun yang bisa dia rebut, termasuk pemerintah, juga faksi

    pemberontak lain.

     Di Suriah, sepertinya yang terjadi adalah everyone is battling everyone

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 21]

     Five civilians killed, six wounded in an ISIS terrorist mortar attack against al­Joura and al­Qossour

    neighborhoods in Deir Ezzour city

     Army kills more ISIS and other terrorists in Tal Faouri village, Aleppo countryside

    Military source: Army units destroy three vehicles equipped with heavy machine guns for ISIS

    terrorists in al­Rajmeh area in al­Baiyrat direction in the eastern countryside of Homs.

    Military source: Army units destroy dens and two vehicles equipped with heavy machine guns for ISIS

    terrorists near al­Baiyarat and in Onq al­Hawa and Rahoum in the eastern countryside of Homs.

     Army units repel infiltrating ISIS terrorists in al­Rushdiyeh neighborhood, destroy other terrorists'

    positions in various areas in Deir Ezzor province

     Centers, fortifications and vehicles for ISIS terrorists destroyed in eastern and northern countryside of

    Aleppo, others hit inside and near Aleppo city

     Dens of ISIS and Jabhat al­Nusra destroyed in Homs

    Sources on the ground to SANA: Army and Armed Forces units restore security and stability to al­

    Uwainat village in the eastern countryside of Aleppo province after eliminating the last remaining

    gatherings of ISIS terrorists in it

     The army confronts an ISIS attack on Deir Ezzor military airport from the direction of Hweijet al­

    Mrei'iyeh, destroys two car bombs

     Army units destroy an ammunition depot for ISIS terrorist organization to the north east of al­Tar

    Mountain and an armored vehicle to the north of the acting city in Palmyra countryside

    Military source: Army units repel infiltration attempt by terrorists towards Deir Ezzor Airport,

    destroying two armored vehicles, killing many terrorists including Mansour al­Turki who is an ISIS

    leader.

    Robby, [05.02.16 18: 22]

     Rusia menggempur IS itu nyaris hoax

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 23]

     [In reply to Robby]

     Dalam memahami apa yang terjadi di Suriah, media terlalu terpolar sehingga sulit mendapatkan

    gambaran yang realistis. RT jelas membela Rusia, sementara Time dll jelas membela AS &

    mendemonize Assad.

     Gw sendiri jadinya mencoba memahaminya dengan bantuan analisis dari Consortium News

    Reza, [05.02.16 18: 23]

     Jangan ngayal.. Rusia bantu Assad itu krn Port of Tartus.


    Reza, [05.02.16 18: 23]

     Tahu port of tartus gak

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 25]

     Dalam strata media Barat, saya lebih melihat Reuters, Independent, & The Guardian lebih mending

    daripada media2 AS.

    Reza, [05.02.16 18: 26]

     Kenapa Rusia curahkan semua sumber dayanya. Mengalihkan mesin perangnya yg terbaru dr

    Sevastopol di Ukraina yg dikepunh NATO ke Syria.

    Robby, [05.02.16 18: 27]

     [In reply to Reza]

     Dikepung NATO? yakin? Ada deploy dimana pasukan nato?

    Reza, [05.02.16 18: 28]

     Port of Tartus lebih berharga bagi Rusia drpd Sevastopol. Hilangnya kendali pd Tartus adl hilang

    kendali pd Mediterania

    Robby, [05.02.16 18: 28]

     Saya malah mendukung rusia memberi sanksi kpd pembeli minyak IS, spt yg dilakukan AS

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 29]

     Itu turki jg kena sanksi krn menembak jet rusia.

    Robby, [05.02.16 18: 29]

     [In reply to Galih Panuntun]

     Kapan mau beri sanksi ke pembeli minyak is

    Robby, [05.02.16 18: 29]

     Saya tunggu loh aksi nyatanya

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 30]

     Kl neg kena otomatis pihak2 yg terkait dg turki kena

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 31]

     [In reply to Robby]

     Lucu juga, basisnya apa? Ingat bahwa protes negara2 Barat terhadap Rusia bukan karena dia pura2

    ngebom Daesh (yang gampang disearch di Google dengan keyword seperti Rusia bombing isis), tapi

    Rusia juga menyerang faksi2 pemberontak lain yang mereka dukung

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 31]

     Pdhl dlm media2 dsbt turki bkn turkis

    Robby, [05.02.16 18: 32]

     [In reply to Galih Panuntun]

     Karena AS sdh melakukan penyekidikan lalu diumumkan sanksinya dan alasannya jadi jelas

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 33]

     [In reply to Robby]

     Sejak kapan kita bisa menelan bulat2 apa yang AS bilang? Ingat tuduhan WMD Iraq?

    Robby, [05.02.16 18: 36]

     [In reply to Rizziandrie Zairul]

     Gak bulet juga sih, kabar asaad beli minyak is ada dr pemberontak dan israel juga... Boleh gak

    percaya sama mereka?

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 36]

     Yg dibantu udh jelas bikin kerusakan di irak n suriah . Isis adlh jaringan teroris bertujuan membentuk

    Daulah/negara paling terkemuka n mjd momok byk negara

    Rizziandrie Zairul, [05.02.16 18: 37]

     [In reply to Robby]

     Ya terserah sih kalau mau percaya kabar dari AS & Israel yang jelas punya vested interest in

    concocting this up. To each his own.

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 40]

     Is Turkey Really Benefiting From Oil Trade With ISIS? | TIME

    http: //time.com/4132346/turkey­isis­oil/

    Galih Panuntun, [05.02.16 18: 41]

     On Wednesday, Putin’s deputy defense minister Anatoly Antonov went even further, accusing Turkish

    President Recep Tayyip Erdogan ofpersonally being involved in oil trade with ISIS. “President Erdogan

    and his family are involved in this criminal business,” he said. He also showed reporters satellite

    images of ISIS purportedly sending oil to Turkey.

    Reza, [05.02.16 19: 09]

     Oh soal main catur NATO dgn Rusia. Krisis Crimea­Ukraina. Kalo yg ngikuti krisis ukraina sejak 2014

    lalu pasti paham kenapa Rusia ikut campur soal Ukraina. Krn Ukraina mau gabung NATO setelah

    presiden mrk yg pro­Rusia di­people power.

    Reza, [05.02.16 19: 11]

     Dan kalo yg tahu peta buta apalagi geopolitik serta geostrategi di wilayah Crimea dan laut hitam.

    Pasti tahu sevastopol ada di Ukraina sbg naval base Rusia di Laut Hitam. Dan tahu kalo itu daerah di

    kelilingi oleh Turki, Bulgaria dan Romania yg mrk adl anggota NATO









Semoga bahasan yang telah dikasihkan oleh Narasumber Diatas bisa menambah wawasan sobat-sobat semua , dan wawasan saya sendiri tentunya . Di mohon ketika kalian akan mengcopas atau ingin menyebar luaskan bahasan ini, tidak ada salahnya kalian memberikan Narasumber nya di blog kalian , Sekian Dan Terima Kasih :)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments